Langsung ke konten utama

My Struggle



Tulisan gw kali ini bakal ngebahas tentang awal mula kisah perjuangan hidup gw di Jakarta. Gw cuma cewek kampung yang punya mimpi bisa jadi orang hebat dan bermanfaat buat ummat. Kayak motto hidup gw “Be the best and useful”. Inspired from Rasulullah Muhammad : Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain” 

Here Wo Go....

Pernah gak sih lo ngerasa kehidupan lo yang paling menderita dan sengsara se-DKI Jakarta atau bahkan se-Indonesia (mulai lebay :v ) ??? Sometimes gw ngerasa bgtu, tapi kalo pikir2 lagi..  masih banyak orang lain yang idupnya lebih berat dari gw and lo semua, “Ya Allah, idupku kok begini amat yaa ?? aku adalah orang yang paling menderita di dunia ini ya Allah” DON’T BE LEBAY gaesss :D 

ALLAH berfirman dalam surat ke 14 di ayat 7 *coba tebak apa nama surat ke 14 dalam Al-quran ?? “Sesungguhnya jika kamu bersyukur niscaya aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari nikmat-Ku maka pasti azab-Ku sangat berat.” (Q.S Ibrahim : 7) *Ngeri-ngeri sedap ya gaess, makanya banyak-banyakin bersyukur biar Allah tambahin nikmatNya (Self advice) J

Oke.. Sekarang kita dongeng flash back sedikit, Once upon a time, there is a littel girl in a little village called Cinderella *woy salah cerita woyyy !! Jadi awal mula gw pindah ke Jakarta itu pas kelas XI SMA sekitar tahun 2010an, alasanya drama bgt, *wkwkwkwk, idup gw emng penuh dgn drama. Pada saat itu perusahaan tempat Bapak bekerja (PT. PELNI) lg ada pengurangan karyawan, qadrullah Bapak harus pensiun dini karena beliau juga udah cukup lanjut usia, dan hal itu bikin keuangan keluarga gw terjun bebas, carut-marut, gak karuan bgt pkoknya. Yang biasanya tiap weekend gw bisa hangout breng tmen2, motor gw harus dijual, hiks... satu persatu asset keluarga gw harus dijual. Alhamdulillahnya keluarga gw gk kelilit utang sih, cuma krna biasanya ada pemasukan gaji Bapak, tetiba gak ada sama sekali sedangkan pengeluaran selalu ada setiap harinya. Singkat cerita, pas kenaikan kelas XI Ibu nyuruh gw berhenti sekolah, pdhal pas itu gw rangking 1 Paralel satu sekolah di SMA NEGERI 1 JATIBARANG dan dapet beasiswa, uang sekolah Free !! *terus apa masalahnya kok gk lanjut sekolah ?? ONGKOS !! gw gapunya ongkos buat naek angkot bolak-balik dari rumah ke sekolah, di kampung gw tinggal gk ada SMA yang deket rumah, ada Aliyah, tapi yang ada klo gw masuk sekolah itu bukanya belajar malah kebanyakan maen krna pergaulannya kurang bagus  L *Syeediih klo inget kejadian itu, bneran se-enggak punya itu*

Gw nangis, Ibu nangis, abang gw juga nangis, adek-adek gw ikutan nangis karena liat gw, ibu dan abang nangis, Bapak bengngong ngeliatin kita semua pada nangis (you can imagine gmna kondisi rumah saat itu, wkwkwkwkwkk). Oh iya, gw punya 1 kakak cowok yang hampir sepantaran dia 92, gw 94, dia ganteng, baik, penyang. Dan ada 2 adek cowok yang lucu-lucu, tapi kdg ngeselin klo dsruh belajar agak susah. Which mean, gw adalah anak Ibu Bapak yang paling cantique :D *yaa iyaalah sodaranya cowok semua. Oke skip, kapan2 aja gw ceritain lebih detail ttg mereka n kekompakan kluarga gw.

Sebagai kepala keluarga yang harus bertanggung jawab terhadap keluarganya, Bapak langsung ambil tindakan untuk menyelamatkan masa depan gw, Beliau menghubungi adeknya yang di Jakarta (sebut saja tante), minta bantuan buat biayain sekolah gw, dan Alhamdulillah bgt tante mau. Kalo dnger cerita dari orang2, tante ada utang budi ke Bapak, jadi utk membalasnya tante bersedia nyekolahin gw, gw sndri kurang tau kronologinya gmn. Yaudahlah yaaa, gamau terlalu ikut campur urusan orang tua, intinya gw bisa sekolah lagi,  karna gak kebayang kalo gw nyampe putus sekolah, bisa-bisa gw jadi TKW, umumnya di kampung gw bgtu, pada berangkat ke luar negeri jadi TKW, pulang  bikin rumah, nikah, trus berangkat lagi, suaminya momong anak2, istrinya yang kerja.

Ketika kamu punya sebuah hal untuk dikeluhkan, coba tutup mata dan pikirkan kembali sejuta hal yang udah Allah kasih, entah itu hal kecil maupun hal besar, selalu ada alasan untuk BERSYUKUR. Dikesempatan kali ini, sekalian mau ngucapin makasih buat tante, makasih bgt udaj ijinin numpang selama 2 tahun, dikasi makan, dibiayain sekolah, dikasih ongkos & uang jajan, makasih bgt pkoknya. Dan buat Bapak, How Proud of You Pak, kakak (gw biasa manggil diri gw kakak klo drumah) gapernah sedikitpun kecewa ke Bapak, udah cukup bgt kasih sayang & kemewahan yang Bapak kasih pas kakak kecil dulu, walo pas gede harus berjuang sendiri, ada hikmah dibaliknya, sekarang kakak jadi cewek seterong dan gak manja kayak dulu *gak manja ??? iyain ajalah gpp, biar seneng, wkwkwkwk.

*Trus gmn nae pas tinggal sama tante ?? It’s like a Night Mare L, bukan karena tante galak atau mukak-nya serem kayak difilm Disney  atau sinetron Ibu Tiri yak, ini lebih ke Culture Shocked aja. Yang biasanya bangun pagi langsung nyetel tipi n udah ada sarapan, sekarang kudu nyapu halaman n nyiram tanaman, yang biasa pulang sekolah nyelayap dulu bareng temen2 atau ikut eskul yang macem2 biar popular, skrng lo pulang sekolah harus on time and bantu2 masak. Bisa jadi kepala sekolah gw gak nyadar gw pernah sekolah di SMA Al-khairiyah Jakarta Utara, krna saking gapernahnya ikut kegiatan, sekolah pulang – sekolah pulang. Menurut gw fair kok, gw numpang ditante, dan harus bantu2 macem itu tadi, iyalah gataudiri bgt klo cuma numpang gak ngapa2in.

To be continued gaesss ..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

This Is The Real Me

Kalo diminta cerita tentang diri gw, gak bakalan ada abisnya.  Gw saranin Lo cari cemilan, cepuluh cebelas * Ehhh , post gw ini bakalan panjang kali lebar sama dengan luas *Ahhhh gaje, ada baiknya Lo bawa sesajen -read makanan- pas baca post ini. Emak ngasih gw nama Naelufar Rahma Rizkini, pas kecil dipanggil Kiki * gak nyambung yak orang2 rumah kenal gw sebagai Kiki. Pas gw SMP temen-temen gw pada panggil Nay, ada juga beberapa yang panggilnya Nae, Rahma * Duh nickname nya banyak aja . Dari semua panggilan itu, gw enjoy aja. Jadi terserah Lo mau panggil gw yang mana : Kiki/Nay/Nae/Rahma . Gw lahir pas di Hari Pramuka, Yup.. 14 Agustus, tahun 1994. Kalo diitung-itung umur gw sekarang kurang lebih 21 tahun *Tua bgt yak . Gw Anak ke 2 dari 4 bersaudara, dan gw cewek satu-satunya. Tapi gw bukan tipe cewek manja yak. * Catet tuh. Gw Lahir di Brebes * ngapak dong, ahh belagu pake Lo Gw segala. Gw udah lama tinggal di Jakarta, bahkan KTP pertama gw KTP DKI. Tapi tetep Brebes itu sega